Rabu, 08 Desember 2010

Belajar HTML: Membuat Link Rahasia



Sebenarnya ilmu ini sangat bermanfaat sekaligus berbahaya. Kalau tidak punya iman bisa-bisa ilmu ini disalahgunakan. Saya akan menyampaikan sebuah cara, membuat orang lain tidak tahu tujuan link yang Anda buat. Jadi bisa dibilang yang Anda lihat tidak selalu benar, dengan kata lain apa yang Anda lihat hanyalah sebuah tipuan. Cara yang saya gunakan ini berbeda dengan redirect. Cara kerja redirect biasa digunakan web-web besar seperti Yahoo!, Google, 4shared, dan lain sebagainya. Kalau begitu kita langsung ke praktik.

Bagi yang belum tahu cara membuat link akan saya tunjukkan kode dasarnya.
<a href='http://www.abc.com/' target='_blank'>123abc</a>
  • http://www.abc.com/ merupakan link yang dituju. Apabila pada bagian ini diganti dengan http://www.abc.com/aplikasi.exe maka browser akan men-download secara otomatis sebuah file yang bernamaaplikasi.exe. Sedangkan prinsipnya sama ketika sebuah URL (Uniform Resource Language) menunjuk semacam inihttp://www.abc.com/download.html maka browser akan (sama) men-download file download.html, tapi perbedaannya file ini langsung diterjemahkan dan terbukalah sebuah halaman web. Begitu juga dengan ekstensi .php.xml.asp, dll.
  • 123abc merupakan teks yang menjadi link. Teks tersebut apabila diganti gambar, maka akan terbentuk sebuah gambar yang menjadi link.
  • _blank merupakan sebuah opsi yang akan membuat link itu apabila diklik akan langsung membuka tab atau jendela baru. Contohnya menudownload yang ada di blog saya, coba Anda klik, maka langsung membuka tab atau jendela baru kan?
Nah penjelasan tadi itu mengenai kode dasar yang perlu kita ketahui untuk melengkapi pengetahuan kita tentang blog atau HTML. Sekarang kita beralih ke susunan kode HTML yang sedikit lebih rumit.
<a href='http://www.abc.com/'onClick='this.href'=&apos;http://www.def.com/123456789.html&apos;' target='_blank' >123abc</a>
  • onClick='URL' perintah ini menunjukkan bahwa saat Anda meng-klik maka perintahnya harus menuju URL yang berwarna hijau di atas.
Apakah Anda sudah melihat keistimewaannya? Jadi ketika cursor ini kita letakkan di atas teks yang mempunyai link, akan tampak pada status bar browser Anda bahwa link ini akan menuju http://www.abc.com/. Namun ternyata ketika di-klik malah link ini akan menuju http://www.def.com/123456789.html bukan kehttp://www.abc.com/.
Sebagai catatan gunakan tanda (') apostrof bukan tanda petik ("). Karena hal ini mempengaruhi keberhasilan script HTML-nya. Ini akan terlihat rumit namun jika Anda sudah mengenali polanya, maka akan terlihat mudah.
Nah setelah tahu trik semacam ini mungkin Anda ingin memanfaatkannya. Dalam hal ini saya sebagai penyampai ilmu tidak bertanggung jawab atas penggunaan trik ini. Semoga Anda teliti dalam menuliskan kodenya, salah sedikit karena apostrof (') maka sudah dipastikan gagal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar